Blogroll alternatif episode I

Judulnya lucu ya, kaya pengobatan aja pake kata altenatif segala..
Dalam kesempatan kali ini saya akan membicarakan tentang yang namanya Blogroll.
Apa itu Blogroll?
Blogroll atau di sebut juga Link Exchange atau kata orang bandung sih tukeran link antar blog atau website adalah menyimpan link address milik orang lain pada blog/website milik kita. Biasanya ada blogroll dari blogger.
Apa manfaat dari blogroll?
Mungkin kalian pikir masang link address punya orang lain di blog/website milik kita akan merugikan, soalnya, dengan itu tentu saja kita memberikan jalan kepada para pengunjung untuk meninggalkan blog kita.
Mungkin ada benernya juga sih..
Tapi gak seutuhnya Bener !!
Dengan adanya blogroll banyak sekali manfaat yang kita dapatkan, antara lain :
1. mempererat tali silaturahmi atau tali persaudaraan antara pemilik blog/website yang satu dengan yang lain.
2. semakin banyak blog kita di link oleh blog lain maka semakin baik pula posisi rangking blog kita pada Search Engine semacam Google, Yahoo, Msn dan sejenisnya.
Perlu kita ketahui bahwa setiap pemilik blog/website ingin blog/website miliknya mempunyai rangking yang baik pada search engine. Makanya budayakanlah tukeran link, jangan pelit !
Karena kalau kita pelit bagi bagi link ya nanti gak aka nada yang mau masang link addres punya kita di blog mereka.
Terus apa hubungannya dengan judul di atas?
Bagi kalian yang baru membuat blog dan baru punya blogroll hanya beberapa saja, mungkin tulisan ini ga penting.
Tapi mungkin barangkali nanti setelah link kalian jumlahnya sampai ratusan atau bahkan ribuan, informasi ini bisa jadi bermanfaat.
Memang seperti yang tadi saya katakan di awal bahwa bertukar link sangat bermanfaat.
Tapi.. .kalo link kalian udah sampe ratusan atau bahkan ribuan tentu saja akan menemui masalah, yaitu pasti link ini akan memakan tempat yang banyak dan jadi tidak enak untuk di pandang mata para pengunjung.
Kalo punya masalah kayak gini, maka saya akan memberikan beberapa alternatif jalan keluarnya (tuh kan jadi nyambung, keluar juga kata alternatif nya). Yaitu antara lain :

Blogroll dengan marquee: [Ini yang paling banyak di gunakan oleh para blogger untuk menghemat space pada blog adalah dengan menggunakan perintah marquee] Nih kodenya :

<marquee onmouseover=”this.stop()” onmouseout=”this.start()” scrollamount=”2″ direction=”up” width=”100%” height=”200″ > <a href=”http://almiratalitha.blogspot.com”target=”_blank”>Almira Blog’s</a> <br/><br/> <a href=”http://cubcubidalalala.blogspot.com”target=”_blank”>Aniindh Blog’s </a> <br/><br/> <a href=”http://ditamiradani.blogspot.com&#8221; target=”_blank”>Dietha Blog’s</a> <br/><br/> <a href=”http://tidakmenarik.wordpress.com/&#8221; target=”_blank”>Tidak Menarik</a> <br/><br/> <a href=”http://terselubung.blogspot.com/&#8221; target=”_blank”>Terselubung</a> <br/><br/> </marquee>
Nanti jadinya kayak gini :  
Almira Blog’s
Aniindh Blog’s
Dietha Blog’s
Tidak Menarik
Terselubung
Sedikit pemberitahuan. Kode diatas tidak harus di tuliskan persis seperti di atas, tapi bisa di sesuaikan dengan kondisi dan keinginan. Kode yang bisa di rubah adalah :
scrollamount=”2″ –> angka “2” adalah menunjukan kecepatan gerakan, jika ingin lebih cepat silahkan ganti nilainya dengan yang lebih tinggi. Misal : scrollamount=”3″ ,scrollamount=”4″ , scrollamount=”5″ direction=”up” –> tulisan “up” menunjukan arah gerakan keatas, kalau ingin di rubah tinggal ganti kata “up” menjadi “down,left,right” . Misal : direction=”down” , direction=”left” , direction=”right” . width=”50%” –> tulisan “50%” menunjukan lebar dari marquee sebesar “50%” dari tempat dimana perintah ini ditempatkan, jika ingin di rubah tinggal ganti dengan nilai yang di inginkan. contoh : width=”30%” , width=”70%” , width=”100%” height=”200″ –> tulisan “200” menunjukan tinggi dari marquee sebesar 200px, jika ingin di ganti tinggal di rubah nilai angkanya. Misal : height=”100″ , height=”300″ , height=”400″ , height=”250″ .
Dengan memakai tabel:
<table border=”3″ width=”155″ height=”130″ cellpadding=”2″> <tr> <td align=”left”> <marquee onmouseover=”this.stop()” onmouseout=”this.start()” scrollamount=”2″ direction=”up” width=”100%” height=”200″ > <a href=”http://almiratalitha.blogspot.com”target=”_blank”>Almira Blog’s</a> <br/><br/> <a href=”http://cubcubidalalala.blogspot.com”target=”_blank”>Aniindh Blog’s </a> <br/><br/> <a href=”http://ditamiradani.blogspot.com&#8221; target=”_blank”>Dietha Blog’s</a> <br/><br/> <a href=”http://tidakmenarik.wordpress.com/&#8221; target=”_blank”>Tidak Menarik</a> <br/><br/> <a href=”http://terselubung.blogspot.com/&#8221; target=”_blank”>Terselubung</a> <br/><br/> </marquee> </td> </tr> </table>
Jadinya kayak gini:

Almira Blog’s
Aniindh Blog’s
Dietha Blog’s
Tidak Menarik
Terselubung

 Udah.. selese..
Gimana ??
Susah ??
Nggak kan ?? 🙂

  Jangan pelit bagi link ya ! 😀

Iklan

~ oleh almiierra pada Desember 17, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: